Part 1 Kertas Continuous Form yang Sering Digunakan di Perusahaan

Cara Setting Printer Dot Matrix L 300 Kertas Continuous Form
August 15, 2019
Part 2 Kertas Continuous Form yang Sering Digunakan di Perusahaan
September 4, 2019

Banyak perusahaan yang menggunakan kertas continuous form untuk operasional kantor. Kertas continuous form sangat efektif dan efisien untuk digunakan karena tidak membuang waktu saat di print dan lebih irit tinta. Ukuran dari kertas continuous form sendiri pada umumnya adalah mempunyai ukuran standar yaitu 9.5” x 11” dan juga dapat beragam ukuran seperti 9.5” x 12” dan juga ukuran 13” sampai dengan ukuran 14 7/8” x 11”. 

Setiap ukuran bisa dibagi 2 sampai dengan dapat dibagi 4 tiap sheetnya, bisa juga dalam sheet ada garis jadi seperti kertas folio tapi dalam bentuk kertas continuous form. Atau juga dapat dibuat dengan ukuran wartel sesuai dengan permintaan. Ukuran kertas continuous form dapat disesuaikan dengan setiap kebutuhan konsumen, ada yang ingin dengan ukuran 5.5” dan ada juga ingin dengan ukuran yang berbeda (tidak sesuai dengan standar yang ada). Dan juga di setiap ukuran tersebut pada kertas continuous form terdapat tiap ply dengan warna yang berbeda. Setiap ukuran mempunyai 1 ply sampai dengan 8 ply dengan warna standar yaitu Putih, Merah, Kuning, Hijau, Biru, Putih, Merah, Kuning. Operasional kantor yang digunakan ada yang kertas continuous form polos dan kertas continuous form cetakkan atau pre-printed. Jenis format yang digunakan dalam operasional kantor terdiri dari:

  1.     Surat Jalan
  2.     Invoice atau Faktur Penjualan
  3.     Tanda Terima Tagihan
  4.     Purchase Order
  5.     Faktur Pajak
  6.     Slip Gaji

 Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas tentang jenis-jenis operasional kantor, berikut penjelasannya:

  1. Surat Jalan

Gambar di atas adalah contoh surat jalan yang sederhana. Surat jalan adalah dokumen wajib yang harus disertakan ketika melakukan pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Langkah untuk mengisi surat jalan yaitu isi pada bagian atas dengan ditulis Nama Perusahaan masing-masing. Kemudian dapat dilanjutkan dengan menulis tanggal, pihak yang dituju serta keterangan dan jumlah produk yang akan diberikan.

Gambar diatas adalah contoh format Surat Jalan

Untuk format dapat di download Format Surat Jalan PDF

2.    Invoice atau Faktur Penjualan

Gambar berikutnya adalah faktur atau sering disebut juga dengan invoice. Invoice berguna untuk memberikan keterangan harga dan total tagihan yang akan diberikan kepada pihak pembeli. Langkah untuk mengisi faktur juga hampir sama dengan surat jalan namun langkah tambahannya adalah hanya menambah angka harga jual.

Gambar diatas adalah contoh format Surat Jalan

Untuk format dapat di download Format Faktur PDF

Sekian penjelasan singkat tentang Surat Jalan dan Invoice/Faktur. Nantikan penjelasan yang lainnya tentang kertas continuous form yang sering digunakan untuk operasional kantor.

Halo ada yang bisa kami bantu? Mohon klik pada icon Whatsapp untuk memulai chat dengan staff kami.
Powered by