Cara Setting Printer Dot Matrix L 300 Kertas Continuous Form

Informasi Produk dari Upaya Lestari Semesta
August 15, 2019
Part 1 Kertas Continuous Form yang Sering Digunakan di Perusahaan
August 23, 2019

Apa itu istilah tentang input, process dan output dalam proses computing? Pada dasarnya, beberapa pekerjaan yang berasal dari proses computing akan di input dalam monitor lalu di process kemudian menjadi output dalam bentuk hard copy. Perangkat bantu untuk menjadi hard copy adalah printer. Printer bertugas untuk mengambil data dari komputer dan menghasilkan hard copy dari data tersebut.

Secara garis besar, printer adalah perangkat elektromekanis yang dapat mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) menjadi bentuk fisik. Printer dapat terhubung dengan komputer dan laptop melalui kabel  atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas.

Jenis-jenis printer sangat banyak namun pada kali ini kita akan membahas satu per satu dari keseluruhannya. Pertama-tama kita akan bahas tentang printer dot matrix dan bagaimana cara untuk settingnya.

Printer dot matrix adalah jenis printer dari bagian printer impact. Printer ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai dengan ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Jenis printer dot matrix ini juga terdapat dua macam jenis, yaitu printer dot matrix color atau printer dot matrix yang non color. Printer dot matrix juga memiliki kelebihan dalam hal banyaknya jumlah mencetak. Printer ini dapat mencetak double sekaligus dalam satu kali print. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan. Produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.

Cara setting printer dot matrix tipe L 300 untuk kertas continuous form di windows 10:

1. Memastikan printer sudah terdeteksi dalam Control Panel.

Pada langkah pertama ini, kita dapat membuka menu Printer & Scanners

2. Kemudian muncul beberapa hardware yang telah terhubung atau pernah ter-install di komputer. Kemudian atur printer L 300 sebagai default printer.

3. Kemudian setelah default printer L 300, klik Manage untuk mengatur ukuran kertas.

4. Klik Printing Preferences.

5. Pilih User Defined Paper. Langkah ini untuk membuat data baru tentang ukuran kertas yang ingin digunakan nantinya. 

6. Buat data baru/New Name yang diinginkan.

7. Jika sudah selesai, klik save dan data akan otomatis muncul sebagai data baru.

8. Jika sudah selesai semua dari step awal sampai terakhir, lakukan uji coba pada ukuran kertasnya dan hubungkan di printer L 300 dot matrix.

 

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara setting kertas continuous form di printer dot matrix L 300.

Halo ada yang bisa kami bantu? Mohon klik pada icon Whatsapp untuk memulai chat dengan staff kami.
Powered by